Siapakah yang membangun Ka’bah?

Assalamualaikum para sahabat sekalian,
Penasaran gak sih kalian siapa yang membuat ka’bah?

Yuk kita simak penjelasan berikut

Ka’bah sudah ada jauh sebelum Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallah lahir. Oleh karena itu Allah SWT, meyebutkan al-baitul ‘atiq atau rumah yang tua. Seperti dalam firman-Nya dalam surat Al-Hajj ayat 29:

ثُمَّ لْيَقْضُوْا تَفَثَهُمْ وَلْيُوْفُوْا نُذُوْرَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوْا بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah)”


Namun para ulama berbeda pendapat tantang siapa yang pertama kali membangun Ka’bah. Setidaknya ada 4 pendapat dari para ulama tentang siapa yang lebih dulu membangun ka’bah. Berikut ke-4 Pendapat tersebut:

  1. Sebagian ulama berpendapat bahwa yang membangun Ka’bah adalah para Malaikat. Pendapat ini adalah pendapat dari Abu Ja’far Al-baqir.
  2. Sebagian ulama mengatakan: Nabi Adam ‘alaihissalam. Ini adalah pendapat Atha’, Sa’id bin Musayyab, Ibnul Jauzi, Ibnu Hajar, dan pendapat yang dikuatkan oleh Syaikh Muhammad Amin Asy-Syinqithi.
  3. Sebagian ulama mengatakan: Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Ini adalah pendapat Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim, Ibnu Katsir.
  4. Sebagian ulama mengatakan: Nabi Syits ‘alaihissalam.


Dari ke-4 pendapat tersebut, Pendapat yang paling kuat adalah pendapat ke-2 bahwa Ka’bah pertama kali dibangun oleh nabi Adam ‘Alaihissalam. Sesuai dengan firman Allah SWT

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْراهِيمُ الْقَواعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَ إِسْماعِيلُ
“Ketika Ibrahim dan Ismail meninggikan pondasi Ka’bah” (QS. Al-Baqarah: 125).

Prof. Abdul Karim Al Khathib juga mengatakan, “Penyebutan ditinggikannya pondasi Ka’bah oleh Ibrahim ‘alaihissalam menunjukkan bahwa Ka’bah sudah ada sebelumnya. Namun beliau menyingkapnya kembali, meninggikan pondasinya dan membangun kembali” (at-Tafsir al-Qur’ani lil Qur’an, 2/543).

dalam surat Al-baqarah ayat 125

وَعَهِدْنا إِلى إِبْراهِيمَ وَ إِسْماعِيلَ أَنْ طَهِّرا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَ الْعاكِفِينَ وَ الرُّكَّعِ السُّجُودِ
“Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang i’tikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!”” (QS. Al-Baqarah: 125).

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-Ash radhiyallahu’anhu, bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

بعث الله جبريل إلى آدم وحواء فقال لهما: ابنيا لي بيتا، فخط لهما جبريل، فجعل آدم يحفر وحواء تنقل التراب حتى أجابه الماء فنودي من تحته: حسبك يا آدم، فلما بنياه أوصى الله إليه أن طوف به، وقيل له: أنت أول الناس، وهذا أول بيت

“Allah mengutus malaikat Jibril kepada Adam dan Hawa. Lalu Allah berfirman kepada keduanya: bangunlah sebuah rumah. Lalu Jibril pun membuatkan kerangka dari rumah tersebut. Kemudian Adam yang menggali tanah dan Hawa yang mengambil tanah kemudian dicampur dengan air. Kemudian diserukan kepada mereka: cukup wahai Adam! Ketika mereka berdua selesai membangun Ka’bah, Allah memerintahkan mereka untuk tawaf mengelilinginya. Lalu dikatakan kepadanya: Adam, engkau adalah manusia pertama, dan ini adalah rumah pertama” (HR. Al-Baihaqi dalam Dalail an-Nubuwwah, dengan sanad yang dha’if karena tafarrud Ibnu Lahi’ah).

Dalam riwayat lain dari Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhu
وَأَنَّهُ بَنَاهُ مِنْ خَمْسَةِ أَجْبُلٍ مِنْ لُبْنَانَ ، وَطُورِ زَيْتَا ، وَطُورِ سِينَا ، وَالْجُودِيِّ ، وَحِرَاءٍ ، حَتَّى اسْتَوَى عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ . قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ : فَكَانَ أَوَّلُ مَنْ أَسَّسَ الْبَيْتَ ، وَصَلَّى فِيهِ ، وَطَافَ بِهِ آدَمَ – عَلَيْهِ السَّلَامُ – حَتَّى بَعَثَ اللَّهُ الطُّوفَانَ
“Bahwa Nabi Adam ‘alaihissalam membangun Ka’bah dengan tanah dari lima gunung: Lubnan, Thurizayta, Thurisina, Judi, dan Hira. Sampai Ka’bah tegak di atas bumi. Ibnu Abbas mengatakan: Nabi Adam ‘alaihissalam lah yang pertama kali membangun Ka’bah, dan pertama kali shalat di dalamnya, dan thawaf di sekelilingnya. Sampai akhirnya Allah mengirim angin topan (sehingga Ka’bah hancur)” (HR. Al-Azraqani dalam Akhbar Makkah, no.10, dengan sanad yang dha’if jiddan karena terdapat perawi Thalhah bin ‘Amr Al-Hadhrami).

Demikian juga riwayat dari Ayyub as-Sikhtiyani rahimahullah, beliau mengatakan:
أن آدم عليه السلام بنى البيت من هذه الخمسة الجبال، وأن ربضه كان من حراء
“Nabi Adam ‘alaihissalam membangun Ka’bah dari lima gunung tersebut. Dan tanah di pinggirannya berasal dari gunung Hira” (HR. Abdurrazzaq dalam Mushannaf-nya no.9093, dengan sanad yang shahih sampai Ayyub as-Sikhtiyani).

Namun ini khabar dari tabi’in yang bukan hujjah. Az-Zarqani menanggapi riwayat-riwayat di atas dengan mengatakan:
فَهَذِهِ الْأَخْبَارُ وَإِنْ كَانَتْ مُفْرَدَاتُهَا ضَعِيفَةٌ، لَكِنْ يُقَوِّي بَعْضُهَا بَعْضًا
“Semua khabar masing-masingnya terdapat kelemahan, namun saling menguatkan satu sama lain” (Syarah Az-Zarqani terhadap Al-Muwatha’, 2/445).

Terlepas dari perbedaan pendapat yang ada, kita sebagai umat muslim perlu untuk mengunjungi tempat suci ini, karena banyak sekali keutamaan dari mengunjungi tempat suci ini. Disamping ibadah umroh yang akan menghapuskan dosa-dosa kita, sholat di dalam masjidil haram lebih baik 100ribu kali dibanding sholat di masjid biasa. Sesuai dengan hadis Dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)

Mudah-mudahan kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk mengunjungi Tanah suci Makkah dan Madinah bersama seluruh keluarga kita. Aamin Ya Rabbal A’lamin. Insya Allah travel cahaya raudhah memberikan fasilitas bagi para tamu Allah untuk melaksanakan umroh dan haji. Untuk konsultasi mengenai paket-paket umroh silahkan klik link berikut atau langsung whatsapp ke nomor 0877-7879-7878

Muhammad
Muhammad
Articles: 3
Kirim pesan
Chat dengan kami
Assalamualaikum 👋

Ada yang bisa kami bantu?

Chat dengan admin dibawah ini ya 👇👇